Cara Memperbaiki Mistake Display Driver Stopped Responding As Well As Has Recovered


Ketika anda menggunakan PC anda ibarat biasanya, tiba-tiba layar monitor anda menjadi benar-benar hitam, anda mungkin akan panik dengan hal tersebut. Sementara disaat yang bersamaan anda masih mendengar well dari pemutar musik atau video yang sedang diputar, sehingga anda tahu komputer anda masih berjalan. Hal yang mungkin pertama kali anda lakukan pasti akan mengusut monitor atau kabel koneksi, layar kembali menyala. Sebuah pemberitahuan kecil akan memberitahu anda bahwa display driver telah berhenti merespons dan telah pulih.

Ketika komputer memperlihatkan fault dengan cara ini, itu mampu sangat menyusahkan bagi pengguna. Makara apa yang gres saja terjadi, dan bagaimana anda memperbaikinya semoga tidak terulang kembali?


Apa yang gres saja terjadi?

Makara apa yang bahu-membahu terjadi di sini? Pertama, kita perlu melihat bagaimana graphics carte du jour bekerja. Graphics card, ibarat kebanyakan hardware yang lainnya menggunakan driver untuk kinerja puncak. Mereka bahu-membahu tidak membutuhkan driver, tetapi kalau mereka tidak memiliki driver itu maka itu akan membatasi banyak pilihan yang mampu dilakukan card. Inilah sebabnya mengapa ketika anda masuk dengan Safe Mode, resolusi layar disana akan sangat kecil; driver graphics carte du jour telah dinonaktifkan melalui Safe Mode, dan carte du jour bekerja pada tingkat dasar maksimalnya.

Namun, driver tidak selalu sempurna dan cenderung mengalami gangguan. Anda mungkin memiliki adaptor WiFi abstrak yang kadang kala tidak berfungsi sampai anda mematikan dan menyalakannya lagi atau mouse yang berfungsi sampai anda menginstal ulang drivernya. Graphics carte du jour memiliki ketergantungan yang sama pada driver mereka yang stabil. Namun ketika driver mereka mengalami crash, itu akan membuat layar layar anda menjadi blank dan pesan fault ibarat itu.


Bagaimana memperbaikinya

Makara sekarang kita tahu apa yang sedang terjadi, sekarang saatnya untuk memperbaiki masalah. Saya yakin masalahnya ada pada driver, jadi mari kita mulai dari sana.


Mengupdate atau Menginstal Ulang Driver

Jika anda belum mengupdatei driver graphics carte du jour anda dalam waktu yang lama, ini mungkin ketika yang sempurna untuk meningkatkannya. Jika anda menggunakan model graphics carte du jour yang lebih lama dan menemukan bahwa driver yang lebih gres mengakibatkan lebih banyak gangguan daripada perubahan yang baik, mungkin sudah waktunya untuk menginstal ulang driver yang sedang anda gunakan.

Untuk menginstal driver baru, buka website produsen graphics carte du jour anda (untuk NVIDIA atau AMD dan Intel), kemudian download dan instal driver dari sana. Ini akan membuat carte du jour anda upward to appointment dan menghentikan driver semoga tidak macet. Jika anda menginstal ulang, cukup instal ulang driver yang anda instal sebelumnya. Anda mampu melihat versi apa yang anda gunakan di pengaturan software grafis anda.


Untuk mengupdate driver VGA AMD anda mampu membaca artikel saya lainnya perihal Cara Update Driver VGA AMD di Windows 10.


Roll Back Driver

Namun, kalau anda memperhatikan bahwa fault ini terjadi segera sehabis anda mengupdate driver, maka anda mungkin memiliki driver yang buruk. Dalam hal ini akan menjadi wangsit yang baik untuk mencoba menghapus instalan driver itu dan menginstal ulang driver terakhir yang anda gunakan sebelum update. Jika ini memperbaiki masalah, mungkin anda harus melewati update driver terbaru untuk ketika ini sampai dirilis update terbaru berikutnya.


Kurangi Program

Terkadang crash driver grafis mampu terjadi ketika retentiveness carte du jour kelebihan beban. Jika anda menemukan bahwa driver mogok ketika menjalankan software tertentu, coba kurangi beban grafis yang ada pada carte du jour anda dan lihat apakah itu menstabilkan hal-hal.


Periksa Temperatur

Mungkin driver grafis tidak melakukannya dengan baik karena graphic carte du jour itu sendiri sedang mengalami tekanan. Buka software pelacak temperatur favorit anda dan pastikan temperatur graphic carte du jour tidak terlalu tinggi. Model yang berbeda mengambil panas secara berbeda, tetapi sebagai aturan gampang yang sangat kasar, suhu sekitar atau di atas 80° C mungkin menjadi penyebab kecelakaan driver. Coba bersihkan carte du jour anda dan ganti thermal pasta graphic card.


Sesuaikan Deteksi dan Recovery Timeout Windows

Jika Windows mendeteksi bahwa graphic carte du jour atau drivernya telah mengambil sedikit waktu untuk merespons, ia akan mem-boot ulang driver dalam upaya untuk menghidupkannya kembali. Jika ini terjadi terlalu sering, anda mampu mencoba menyesuaikan periode sehingga Windows memperlihatkan graphic carte du jour anda sedikit lebih banyak waktu sebelum memutuskan untuk me-reboot-nya.

Untuk memperpanjang periode itu kita akan mengedit sedikit Registry.

  • Untuk memulainya tekan Win + R kemudian ketik regedit, dan tekan Enter untuk membuka Registry Editor.
  • Di jendela Registry Editor navigasikan ke alamat berikut dibawah ini.
  • Klik kanan pada GraphicsDrivers kemudian pilih New. Jika anda menggunakan Windows 32-bit, pilih DWORD (32-bit) disini, namun kalau anda menggunakan 64-bit, pilih QWORD (64-bit).
  • Beri nama file gres ini dengan TdrDelay.
  • Klik doble pada TdrDelay dan ubah Value datanya menjadi 8 dan klik OK untuk menyimpan perubahan.
  • Silahkan Restart komputer anda dan periksa untuk melihat apakah timeout masih terjadi.


Ketika layar PC anda menjadi hitam dan anda tidak yakin mengapa itu terjadi, itu mampu menjadi momen yang menyedihkan. Semoga tips ini akan membuat driver graphics carte du jour anda kembali ke jalurnya sehingga anda mampu kembali ke apa yang anda lakukan!

Apakah graphics carte du jour anda memperlihatkan anda permasalahan ini? Dan bagaimana anda memperbaikinya?  Beritahu saya dan lainnya di kolom komentar di bawah ini. Terimakasih dan GBU.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Mistake Display Driver Stopped Responding As Well As Has Recovered"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel