Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Smp Berikut Cara Pengerjaannya
Artikel kali ini akan memperlihatkan informasi wacana latihan soal ujian nasional 2019 Matematika SMP berserta pembahasannya. Selamat mencar ilmu Squad.
---
Sudah sejauh mana persiapan kau dalam menghadapi ujian nasional 2019 ini Squad? Wah jangan bilang belum ada persiapan sama sekali lho. Ada beberapa bekal yang harus kamu siapkan saat berjuang di ujian nasional nanti. Selain sarapan sebelum ke sekolah, kau juga harus membekali diri dengan latihan-latihan soal dong.
Terlebih mata pelajaran matematika. Pasti di pikiran kau yang terlintas ialah kesulitan-kesulitan yang tiada akhir. Nah, di artikel ini kau bisa memperdalam pemahaman kau dengan x teladan soal latihan untuk ujian nasional 2019 untuk mata pelajaran matematika. Ada pembahasannya juga lho, keep scroll ya Squad.
1. Topik : Bilangan
Sub Topik : Operasi bilangan bulat
1. Hasil dari -4 + 8 : (-2) x ii + five -2 adalah...
A. -9
B. -7
C. 7
D. 9
Jawaban: A
Pembahasan:
Operasi tersebut dimulai dengan pembagian dan perkalian alasannya yakni kedudukannya lebih tinggi
dari penjumlahan dan pengurangan.
-4 + (8 : -2) x ii + five -2 = -4 + (-4 x ii ) + five – 2
= -4 + (-8) + five – 2
= -9
2. Topik : Operasi bilangan pecahan
Indikator : Peserta didik sanggup menghitung hasil operasi bilangan pecahan
Hasil dari adalah...
Jawaban: D
Pembahasan:
3. Topik: Perbandingan
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan nilai perbandingan
Sebuah toko kudapan manis selama 8 hari sanggup membuat 240 kotak kue. Banyak kudapan manis yang sanggup dibuat oleh toko tersebut selama 12 hari adalah….
A. 160 kotak
B. 260 kotak
C. 360 kotak
D. 460 kotak
Jawaban: C
Pembahasan:
Jadi, banyak kudapan manis yang sanggup dibuat selama 12 hari yaitu 360 kotak.
4. Topik: Bilangan bentuk akar
Indikator: Peserta didik sanggup merampungkan duduk kasus bilangan bentuk akar
Bentuk yang ekuivalen dengan adalah...
Jawaban: C
Pembahasan:
5. Topik: Barisan dan deret
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan nilai dari deret bilangan
Diketahui barisan aritmetika dengan U4= twenty dan U8= 44. Suku ke-40 baris itu adalah…
A. 106
B. 236
C. 246
D. 275
Jawaban: B
Pembahasan:
Eleminasi kedua persamaan:
Substitusi nilai b ke satu diantara persamaan di atas, maka:
twenty = a + 3b
twenty = a + 3(6)
twenty = a + 18
ii = a
Maka suku ke-40 barisan tersebut adalah
U40 = ii + (39) half dozen = 236
6. Topik: Aritmetika sosial
Indikator: Peserta didik sanggup merampungkan duduk kasus aritmetika sosial
Pak Arif membeli motor dengan harga Rp15.000.000,00 dan dijual lagi dengan harga Rp16.500.000,00. Berapa perentase keuntungan yang diperoleh?
A. 1%
B. 1,5%
C. 10%
D. 15%
Jawaban: C
Pembahasan:
keuntungan = harga jual – harga beli
= 16.500.000 – 15.000.000
= 1.500.000
Persentase keuntungannya
7. Topik: Aljabar
Sub Topik: Himpunan
K = {3, 4, 5} dan L = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}, himpunan pasangan berurutan yang menyatakan kekerabatan “dua lebihnya dari” dari himpunan K ke L yaitu ….
A. {(3, 5), (4, 6)}
B. {(3, 5), (4, 6), (5, 7)}
C. {(3, 1), (4, 2), (5, 3)}
D. {(3, 2), (4, 2), (5, 2)}
Jawaban: C
Pembahasan :
"dua lebihnya dari " dari himpunan K ke L :
iii dua lebihnya dari 1,
iv dua lebihnya dari 2,
five dua lebihnya dari 3
Himpunan pasangan berurutannya yaitu {(3, 1), (4, 2), (5, 3)}
8. Topik: Persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
Penyelesaian dari yaitu ....
A. x = -42
B. x = -35
C. x = 35
D. x = 42
Jawaban: A
Pembahasan:
9. Topik: Sistem persamaan linier dua variabel
Indikator: Peserta didik sanggup menghitung persamaan linear dua variabel
Harga satu kaus dan dua celana Rp150.000,00 sedangkan harga iii kaus dan iii celana Rp 000,00. Harga ii kaus dan five celana adalah.…
A. Rp60.000,00
B. Rp90.000,00
C. Rp270.000,00
D. Rp360.000,00
Jawaban: D
Pembahasan:
Misalkan kaus = x dan celana = y
Harga satu kaus dan dua celana Rp150.000,00 : x + 2y = 150.000
Harga iii kaus dan iii celana Rp270.000,00 : 3x + 3y = 270.000
Dengan metode eliminasi diperoleh:
Sehingga harga ii kaus dan five celana = 2x + 5y = 2(30.000) + 5(60.000) = 360.000
10. Topik: Garis-garis sejajar dan sudut
Indikator: Peserta didik sanggup menentukan nilai sudut berdasarkan garis
Perhatikan gambar di bawah ini!
Besar sudut AOC adalah...
A. 42°
B. 44°
C. 46°
D. 50°
Jawaban: C
Pembahasan:
∠AOC dan ∠BOC merupakan sudut saling berpenyiku, maka:
∠AOC + ∠BOC = 90°
(6x + 4)° + (5x + 9)° = 90°
11x° + 13° = 90°
11x° = 90° - 13°
11x° = 77°
x = 7°
∠AOC = (6x + 4)°
∠AOC = (6.7 + 4)°
∠AOC = 46°
11. Topik: Segiempat dan segitiga
Indikator: Peserta didik sanggup menganalisis panjang sisi segitiga berdasarkan sudut
Dari pasangan sisi-sisi segitiga di bawah ini, yang merupakan sisi-sisi segitiga siku-siku
adalah….
A. 8 cm, 12 cm, sixteen cm
B. nine cm, 12 cm, fifteen cm
C. nine cm, 12 cm, 17 cm
D. 12 cm, xiv cm, twenty cm
Jawaban: B
Pembahasan:
Dalam bila segitiga ABC, bila c2 = a2 + b2, maka segitiga yaitu segitiga siku-siku. Dimana c yaitu sisi miring.
Untuk sisi segitiga 8 cm, 12 cm, dan sixteen cm
162 > 82 + 122
256 > 64 + 144
256 > 208
(segitiga tumpul)
Untuk sisi segitiga 9cm, 12cm, dan 15cm
15² = 9² + 12²
255 = 81 + 144
225 = 225
(segitiga siku-siku)
Untuk segitiga 9cm, 12cm, dan 17 cm
17² > 9² +12²
289 > 81 + 144
289 > 225
(segitiga tumpul)
Untuk segitiga 12cm, 14cm, dan 20cm
20² > 12² + 14²
400 > 144 + 196
400 > 340
(segitiga tumpul)
Jadi, yang merupakan ukuran panjang sisi segitiga siku-siku yaitu nine cm, 12 cm, dan fifteen cm.
12. Topik: Lingkaran
Indikator: Peserta didik sanggup menghitung luas lingkaran
Sebuah ban mobil memiliki panjang jari-jari 35 cm. Ketika mobil tersebut berjalan, ban mobil tersebut berputar sebanyak 100 kali. Tentukan luas ban mobil tersebut!
A. 120 cm²
B. 220 cm²
C. 320 cm²
D. 440 cm²
Jawaban: B
Pembahasan:
13. Topik: Lingkaran
Indikator: Peserta didik sanggup menyimpulkan keliling lingkaran
Sebuah lapangan berbentuk lingkaran dengan diameter 56 m. Di sekeliling lapangan akan dipasang lampu dengan jarak iv m. Berapa banyak lampu yang diperlukan?
A. 24 buah
B. xxx buah
C. 34 buah
D. 44 buah
Jawaban: D
Pembahasan:
Banyak lampu = keliling : jarak lampu
= 176 : 4
= 44 buah
14. Topik: Geometri dan Pengukuran
Sub Topik: Garis dan sudut
Perhatikan gambar di bawah ini
Nilai y adalah...
A. 24°
B. 25°
C. 26°
D. 34°
Jawaban: C
Pembahasan :
Untuk menjawab soal ini kamu harus paham konsep kekerabatan antarsudut bila dua garis sejajar dipotong oleh garis lain. Dalam hal ini ∠CEF dan ∠EAH merupakan sudut sehadap, maka:
∠EAH = ∠CEF
∠EAH = 102°
∠EAH + ∠BAE = 180° (sudut saling berpelurus)
102°+ 3y = 180°
3y = 180° - 102°
3y = 78°
y = 26°
15. Topik: Geometri dan Pengukuran
Sub Topik: Segitiga dan Segiempat
Sebuah taman berbentuk persegi. Di sekeliling taman itu ditanami pohon pinus dengan jarak antar pohon iv m. Panjang sisi taman itu yaitu 65 m. Banyak pohon pinus yang dibutuhkan yaitu ...
A. 50
B. 55 C. 60
D. 65
Jawaban: D
Pembahasan:
Keliling taman yang berbentuk persegi tersebut adalah
K = iv s
K = iv x 65 m
K = 260 m
Karena tiap iv one thousand ditanami pohon maka banyak pohon yang diharapkan adalah
Banyak pohon = 260 m/4 m
Banyak pohon = 65
Jadi, banyak pohon pinus yang dibutuhkan yaitu 65 buah pohon.
16. Topik: Geometri dan Pengukuran
Sub Topik: Kesebangunan dan Kekongruenan
Sebuah foto berbentuk persegi panjang diletakan di atas selembar karton berukuran twenty cm x xl cm. Di sebelah kiri, kanan dan atas terdapat sisa karton masing-masing five cm. Jika foto dan karton tersebut sebangun, maka lebar sisa karton di bawah foto itu yaitu .…
A. five cm
B. x cm
C. twenty cm
D. xxx cm
Jawaban: C
Pembahasan:
Diketahui bahwa ukuran karton twenty cm x xl cm
Ukuran foto sanggup diketahui berdasarkan sisa karton
Panjang (P) = twenty - sisa kanan - sisa kiri
= twenty - five - 5
= x cm
Lebar (L) = xl - sisa atas - sisa bawah
= xl - five - x
= (35 -x) cm
Dapat digambarkan sebagai berikut
Karena foto dan karton sebangun, maka sanggup dicari nilai x menggunakan rumus
17. Topik: Bangun ruang sisi lengkung
Indikator: Peserta didik sanggup menghitung book berdiri ruang sisi lengkung
Perhatikan gambar!
Sebuah bola tepat berada di dalam tabung sehingga bola menyinggung setiap sisi tabung. Jika book tabung lx cm3, book bola adalah….
A. xxx cm3
B. 36 cm3
C. xl cm3
D. 45 cm3
Jawaban: C
Pembahasan:
Volume bola tersebut yaitu xl cm3
18. Topik: Peluang
Indikator: Peserta didik sanggup menganalisis peluang
Dalam sebuah kotak terdapat nine kelereng yang diberi nomor i sampai dengan 9. Jika diambil sebuah kelereng secara acak, peluang terambilnya kelereng bernomor prima adalah…
Jawaban: B
Pembahasan:
19. Topik: Ukuran pemusatan data
Indikator: Peserta didik sanggup menganalisis ukuran pemusatan data
Berat rata-rata dari 12 siswa yaitu 55 kg dan berat rata-rata fifteen orang lainya yaitu 45 Berat rata-rata dari keseluruhan kedua kelompok tersebut adalah….
A. 47 kg
B. 48 kg
C. 49 kg
D. l kg
Jawaban: C
Pembahasan:
Jumlah berat 12 siswa = 12 X 55 = 660 = rata-rata ke-1
Jumlah berat fifteen siswa = fifteen X 45 = 675 = rata-rata ke-2
20. Topik: Peluang
Indikator: Peserta didik sanggup menghitung peluang
Dalam percobaan melempar sebuah dadu, peluang muncul mata dadu faktor dari 6...
Jawaban: C
Pembahasan:
Mata dadu faktor dari half dozen yaitu 1, 2, 3, dan 6
Itu dia beberapa teladan latihan soal ujian nasional 2019 Matematika SMP berserta pembahasannya. Kamu sanggup lho memahami materi dari soal yang akan diujikan di informationcreatife. Dengan animasi yang keren, dijamin kau bakalan simpel buat pahamin materinya deh.
Belum ada Komentar untuk "Latihan Soal Ujian Nasional 2019 Matematika Smp Berikut Cara Pengerjaannya"
Posting Komentar